MAKALAH SISTEM INFORMASI



Sistem Informasi
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi
Dosen pengampu: Adhi Rizal,S.Pd.,MT 

 
Disusun oleh:
Aria Renalda R
Hopi Siti Hopipah
M. Rayhan Rizqullah Syarif
Muhammad Ichsanudin A
Yunitasari
Yuyun Yuningsih

Kelas: 1G
Teknik Informatika
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Singaperbangsa Karawang
2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat-NYA sehingga makalah tentang Sistem Informasi ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca. Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


Karawang, November 2017



Penyusun















DAFTAR ISI

Kata Pengantar........................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN
1.2  Latar Belakang Masalah...................................................................................... 1
1.3  Rumusan Masalah................................................................................................ 1
1.4  Tujuan Penulisan.................................................................................................. 1

BAB II PEMBAHASAN
2.1  Definisi Sistem Informasi.................................................................................... 2
2.2  Definisi Data....................................................................................................... 2
2.3  Tujuan Sistem Informasi..................................................................................... 2
2.4  Karakteristik Sistem............................................................................................ 3
2.5  Karakteristik Informasi........................................................................................ 5
2.6  Siklus Pengolahan Data Dan Informasi .............................................................. 5
2.7  Kualitas Sistem Informasi................................................................................... 5

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 6
3.1 Saran.................................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 7





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terasa sangat pesat, sehingga menawarkan banyak sekali kemudahan-kemudahan dakam menjalankan aktivitasnya, baik berupa pekerjaan ringan di dalam rumah tangga maupun pekerjaan rumit dalam dunia industri/ perusahaan, sehingga pada akhirnya seolah-olah kita dimanjakan oleh teknologi tersebut.
Sistem informasi berbasis komputer kini menjadi suatu hal yang primer bagi kebutuhan pemenuhan kebutuhan informasi. Banyak bidang yang telah memanfaatkan sistem informasi berbasis komputer sebagai sarana untuk mempermudah pekerjaan. Mulai dari kalangan pebisnis sampai dari kalangan akademisi memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan.
Setiap sistem informasi akan mempunyai masalah, tanpa memperdulikan seberapa baiknya sistem tersebut di desain. Beberapa hal yang menyebabkan sistem informasi mempunyai masalah adalah waktu (overtime), lingkungan yang berubah, serta perubahan prosedur operasional. Dalam melakukan langkah mengantisipasi dan mengurangi serta menangani permasalahan-permasalahan mengenai sistem informasi, ada baiknya kita mengenal kembali tentang konsep-konsep dasar dalam sistem informasi. Oleh karena itulah, saya berusaha memaparkan dalam makalah ini tentang konsep-konsep dasar sistem informasi.

1.2  RUMUSAN MASALAH
1.      Apa definisi dari Data dan Sistem Informasi?
2.      Apa tujuan dari Sistem Informasi?
3.      Apa saja karakter dari Sistem dan Informasi?
4.      Bagaimana siklus pengolahan Data dan Informasi?
5.      Apa saja Kualitas dari Sistem Informasi?

1.3  TUJUAN PENULISAN
1.      Mengetahui definisi dari Data dan Sistem Informasi
2.      Mengetahui tujuan dari Sistem Informasi
3.      Mengetahui karakter dari sistem dan informasi
4.      Mengetahui siklus pengolahan Data dan Informasi
5.      Mengetahui apa saja Kualitas dari Sistem Informasi




BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Definisi Sistem Informasi
Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan  maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang sekaligus berhubungan dikembangkan sesuai dengan suatu skema yang terintegrasi untuk melaksanakan suatu kegiatan utama di dalam bisnis.
Sedangkan Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama sumber daya yang dipakai oleh manajer. Ataupun semua data yang mempunyai arti bagi pihak pemakai. informasi juga merupakan data yang telah di olah sedemikian rupa sehingga dapat di terima dengan baik oleh sang peneima informasi.
Jadi Sistem Informasi merupakan suatu sistem di dalam suatu organisasi yang  mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan- laporan yang ditentukan. Definisi lainnya yaitu suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen-komponen dalam organisasi untuk mencapai tujuan, yaitu menyajikan informasi.

2.2  Definisi Data
Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia “datum” yang berarti fakta atau bahan bahan keterangan. Menurut Gordon B. Davis, Data sebagai bahan mentah dari informasi yang dirumuskan sebagai sekelompok lambang-lambang tidak acak yang menujukkan jumlah atau tindakan atau hal-hal lain. Jadi, Data adalah bahan baku informasi.

2.3  Tujuan Sistem Informasi
Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar sebagai berikut: tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan sampah (garbage).
2.4  KARAKTERISTIK SISTEM
1.         Komponen-komponen (Component)
Komponen ini merupakan bagian dari sebuah sistem interaksi, dimana keseluruhan komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain. Setiap komponen atau yang bisa juga disebut sebagai subsistem di dalam sebuah sistem informasi memiliki sifat untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu di dalam sebuah sistem informasi. Jadi, apabila subsitem atau komponen dari sistem informasi ini tidak dapat bekerja optimal, maka keseluruhan sistem informasi yang diimplementasikan tidak akan dapat berjalan secara optimal.
2.         Batas Sistem (Boundary)
Batasan ini merupakan pembatas dari sebuah sistem informasi dengan sistem informasi lainnya, yang membuat sistem informasi tersebut menjadi satu buah kesatuan sistem informasi yang utuh, dan menunjukkan ruang lingkup yang dimilki oleh sistem informasi tersebut. Jadi, dengan adanya boundary ini, seuah sistem informasi tidak akan bekerja saling tumpang tindih satu sama lainnya, dan dapat berfungsi sesuai dengan tugas dan juga perannya masing-masing.
3.         Lingkungan Luar Sistem (Environments)
Environment merupakan keseluruhan sistem dan juga lingkungan yang berad di luar batasan atau boundary dari sebuah sistem informasi. Sebuah sistem akan disebut sebagai sistem informasi, apabila sistem tesebut memilki batasan atau boundary, dan juga memiliki lingkungan luar yang berbatasan langsung dengan sistem informasi tersebut.
4.         Penghubung (Interface)
Suatu sistem akan dianggap sebagai sebuah sistem informasi yang dapat dioperasikan dengan baik dan juga optimal apabila sistem informasi tersebut memilki interface atau antar muka. Interface atau antarmuka ini merupakan media yang digunakan untuk dapat menghubungkan sebuah komponen atau subsistem yang terdapat pada sebuah sistem informasi.
Hal ini mengacu pada karakteristik pertama pada sebuah sistem informasi, dimana sistem informasi memilki beberapa komponen dan juga subsistem yang menjadi dasar terbentuknya suatu keseluruhan sistem. Keseluruhan komponen dan juga subsitem tersebut di hubungkan dengan apa yang disebut denan interface.

5.         Masukan (Inputan)
Input sistem atau sistem masukan ini meruapakan jenis energi yang digunakan untuk dimasukkan ke dalam suatu sistem. Masukan atau input ini terdiri dari dua jenis, yaitu:
a.       Maintenance input merupakan input yang berhubungan dengan perawatan suatu sistem, dimana merupakan sebuah energi yang dimasukkan ke dalam sistem informasi, agar sistem informasi tersebut bisa berjalan dengan baik dan optimal.
b.       Signal input merupakan energi yang merupakan sinyal, yang artinya, energi ini sangat berpengaruh terhadap proses transfer dan juga transmisi data atau informasi yang dimiliki sebuah host untuk diteruskan melalui sistem informasi menuju keluaran atau output.
6.         Keluaran (Output)
Output merupakan keluaran energi atau hasil yang diteruskan oleh input. Hasil atau output ini bisa berupa tampilnya data dan juga informasi yang muncul pada display user, yang berisi informasi. Dengan adanya output ini , maka setiap user yang menggunakan sistem informasi dapat mengakses dan juga memanfaatkan layanan informasi yang ditujukkan kepada dirinya, sehingga membuat sistem informasi dapat bekerja dengan optimal dan bermanfaat.
7.         Pengolah (Process)
Pengolah data atau pemrosesan sistem ini merupakan komponen atau bagian di dalam sebuah sistem informasi yang memilki tugas utama untuk memproses input dari sebuah sistem informasi menadi keluaran atau output dari sebuah sistem informasi.
Singkatnya, processing sistem ini membantu proses pengolahan data secara keseluruhan yang ada did alam sebuah sistem informasi, lalu mentransmisikan hasil dari pengolahan data tersebut menuju output yang dikeluarkan oleh sistem dan dapat diakses oleh user.
8.         Sasaran (Objectives)
Sasaran dari sistem merupakan analisis berupa siapa saja yang akan menggunakan sistem informasi ini. Tanpa adanya sasaran dari pembuatan sistem, maka sudah pasti sebuah sistem informasi tidak akan bisa bermanfaat dan juga berguna.

2.5  KARAKTERISTIK INFORMASI
1.         Benar atau salah, karakteristik tersebut behubungan sesuatu yang realitas atau tidak dari sebuah informasi
2.         Baru, sebuah informasi dapat berarti sama sekali baru bagi penerimanya
3.         Tambahan, Sebuah informasi dapat memberikan nilai tambah  pada infromasi yang telah ada
4.         Korektif, Sebuah informasi dapat menjadi bahan koreksi bagi informasi sebelumnya, salah atau palsu
5.         Penegas, Informasi dapat mempertegas informasi yang telah  ada  

2.6  KOMPONEN SISTEM INFORMASI
1.      Blok masukan, berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memori dan prosesor untuk di olah.
Contohnya keyboard, mouse touchpad, joystick
2.      Blok model/prosedur, komponen fisik disediakan dalam bentuk buku panduan dan intruksi untuk pemakai, untuk penyiapan data sebagai input, dan untuk operasional.
3.      Blok keluaran, untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data dari CPU ke media pengeluaran. Seperti printer, monitor dan speaker.
4.      Blok teknologi, sistem yang digunakan untuk berbagai dari sistm informasi.
5.      Blok basis data, sekumpulan tabel, hubungan yang berkaitan dengan penyimpanan data.
6.      Blok kendali, manusia/pihak yang mengendalikan pengembangan, pemrosesan, dan penggunaan sistem informasi
2.7  SIKLUS PENGOLAHAN DATA DAN INFORMASI
 
 
2.8  KUALITAS SISTEM INFORMASI
1.      Relevance (Sesuai Kebutuhan)
2.      Capacity (Kapasitas Sistem)
3.      Effeciency (Efesisnesi Sistem)
4.      Timeliness (Ketepatan waktu menghasilkan informasi)
5.      Accessibility (Kemudahan akses)
6.      Flexibility (Keluwesan Sistem)
7.      Accuracy (Ketepatan Nilai dari informasi)
8.      Reliability (Keandalan dari Sistem)
9.      Security (Keamanan dari sistem)
10.  Economy (Nilai Ekonomis dari sistem)
11.  Simplicity (Kemudahan sistem digunakan)














BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen seperti orang, aktivitas, data, perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan yang terintegrasi yang berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan operasi sehari-hari sebuah bisnis, juga menyediakan kebutuhan informasi untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan oleh manajer.

3.2  Saran
Dalam pembuatan sebuah sistem, sudah selayaknya kita mengenal sistem apa yang sedang dibangun, mengenal elemen serta prosedurnya, dan mengetahui tujuan serta sasaran dari sistem yang kita buat.  Serta memfokuskan pada informasi apa serta seperti apa yang ingin disampaikan, hal – hal ini akan menunjang kemajuan sistem yang akan dibuat.




DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Drama Sunda 6 orang

Makalah Pentingnya Menuntut Ilmu